- Jumat, 26 Juli 2013

BPM Ramadhan

Saat berbuka adalah saat yang paling dinantikan semua orang yang menjalankan ibadah puasa. Pernahkah kalian punya kenangan saat dulu? yang pasti jawabannya "pernah" baik itu masa kecil atau saat ini. Nah, ini adalah salah satu lembar kenanganku bersama keluarga BPM KED JMMI ITS 1314 dalam "Buka Ber-12 dengan balutan BPM RAMADHAN"
Goresan Cinta keluarga BPM 1314^^


Jumat, 19 Juli 2013 / 10 Ramadhan 1434 H, telah disepakati bahwa sore itu akan didadakan buber komunal BPM 1314. dewan direksi telah memutuskan tempat terindah untuk pelaksanaannya, yaitu masjid Cheng Ho Surabaya. tepatnya di sekitaran balai kota Surabaya.

Hari itu, entah, antara nekat dan takut, seperti sudah tak ada batasan lagi. setelah mendapat tiga "iya", dari ibu, kakak pertamaku, dan kakak keduaku, aku langsung bergegas ke Surabaya setelah mengantar nenek ke rumah pak lek. sengaja memang, tak ada satu pun orang yang kuberitahu kecuali Afida. karena dia yang aku mintai tolong untuk menjemput. bahkan aku sama sekali tidak memberi kabar ke BPM terkait kedatanganku. baru setelah sampai di Surabaya aku sms Filza dan Fidah, menawarkan bantuan dan ijin apakah masih bisa ikut buber BPM.

Dan alhasil, berangkatlah kami ber-12, dek Soca, dek Septa, dek Didit, dek Luthfi, dek Firdaus, Rizqi, Rowi, mas Tomy, Fidah, Filza, dek Mifta, dan aku ke masjid Cheng Ho bakdha ashar naik motor. 

Di Perjalanan, berasa lama. atau mungkin karena dari tadi pagi berada di jalan terus ya? hehe. menikmati kembali ramenya jalanan Surabaya sedikit membuatku pusing. namun hati berdecak kagum. memaknai perjalanan panjang hingga aku bisa membersamai mereka, keluarga BPM 1314 dalam BPM Ramadhan. ya, walaupun hanya ber-12. tapi InsyaAllah tak kan mengurangi indahnya kebersamaan yang dibalut oleh cinta dan ukhuwah di senja itu.

masjid Cheng Ho di saat petang
Sampai di Masjid Cheng Ho, aku merasakan hati-hati yang kebingungan mencari tempat untuk segera melabuhkan diri untuk mempersiapkan buka. beberapa menit duduk, tiba-tiba ikhwannya di suruh pergi dari singgasananya. (read: diusir, kasihan sekali harus pindah)

Karena ikhwannya pindah, akhwatnya mnyesuaikan. sembari menyiapkan takjil untuk berbuka, aku sempat mengabadikan moment sikon di sana. rame banget. setelah semuanya siap, takjil siap dibagikan ke 12 BPM'ers. karena yang ikhwan tidak ngapa-ngapa'in a.k.a terima jadi, maka ikhwan memanfaatkan kesenggangan mereka untuk membuka acara duluan di area mereka, dan mengisinya dengan tilawah sebelum bedug ditabuh dan adzan dikumandangkan. di akhwat pun jua demikian namun sedikit berbeda teknisnya.

Saat pengambilan takjil di akhwat, ada sedikit yang membuat iba dan muncul tanda tanya di kepala. mungkin bukan aku saja yang merasakannya. sampai aku sms salah satu ikhwan, "ndak kasihan ta sama bapak kalian, suruh ambil takjil bolak-balik sendirian?", dan dia hanya menjawab, "hehe", #thinking. (read: semoga Allah membalas perjuangan antum mas Tomy.)

Di sela-sela berbuka, seusai sholat maghrib, tiba-tiba kami didatangi seorang wartawan. kami tak sadar kalau beliau dari SCTV. beliau bertanya-tanya seputar buber di masjid Cheng Ho ini. dan kami merekomendasikan Filza untuk menjawabnya. hehehe, maaf ya Filza, tenang kami di belakangmu^^. kami pikir itu hanya wawancara biasa, eh, ternyata, beneran ditayangkan di SCTV. oh men, untung wajahku tak nampak. bisa meledak tuh TV. #lebay dikit gpp lah^^ #peace

Oh iya, hampir lupa. menu buka kita es buah, begedel ubi, dan brownis. semuanya bikin sendiri lho, kecuali brownisnya. hehhe. yang masak tak lain dan tak bukan adalah ibu-ibu yang masih stay di Surabaya. (read: Filza dan Fidah)

Setelah semuanya dirasa cukup. cukup memaknai kebersamaan yang tidak lama ini. cukup mendapatkan asupan gizi melalui taujih dan tilawah. dan cukup merasakan kenikmatan menu berbuka ini, kami menyudahi dan memutuskan untuk kembali ke kampus tercinta. dan mendirikan sholat isya serta tarawih disana. yang bagiku, ini adalah  tarawih pertamaku di manarul ilmi yang senantiasa kurindukan kesejukan dan kesederhanaan yang mendamaikan jiwa dalam ramadhan kali ini. (risk)


ini ada sedikit jepret-jepret di masjid Cheng Ho :

brownis (kanan), begedel ubi (kiri)
behind the scene persiapan takjil^^ #Es Buah
susana di masjid Cheng Ho saat berbuka^^
sebenarnya masih ada beberapa jepretan, tapi haram untuk ditampilkan. hehheh, #you know what i mean lah ^^

*Jingga mempesona membelah di pelabuhan barat
Mengalunkan jiwa diantara keredupan sore kan tiba
Diri berkias senyum berkutat kebahagiaan
Tak sabar rasanya ingin melewati detik yang akan berlalu
Berbondong terpingkal langkah kaki
Merayakan kemenangan dikala perjuangan telah bertahta
Ya , dapat aku rasakan getar nada tanpa suara
Membisik tiba tiba diantara bilik hati
Allahu akbar … allahu akbar …!!!
Ahirnya kemenagan telah dikabarkan menggema suara adzan
Memberi isyarat hati pada setiap serdadu ilahi
Bahwa seketika itu adalah waktu terpenuhinya satu janji
Dan kulihat berserakan pikiranku segera merapatkan nurani
Tanpa alasan logika teralihkan hingga dasar jiwa
Segera dengan pasti kuabaikan itu
Dan …. Seteguk kesegaran air kurasakan
“Selamat berbuka puasa, keluarga BPM 1314^^ “



menjelang buka puasa, 17 Ramadhan 1434 H,
 dalam memori BPM Ramadhan
*risk*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar