- Kamis, 14 November 2013

“1435 H adalah Milikku”


Jika Pak Anies Baswedan berkata, “You are the owner of your future.” Maka aku berkata “1435 H adalah Milikku”. Ketika orang tua bercerita tentang masa lalu. Anak muda akan bercerita tentang mimpinya. Ya karena mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia. Kata Kak  Giring sih gitu. Hehe

Sebenarnya tadi hampir nyerah. Bahkan sudah bilang, “ah, kayaknya gak jadi ikut deh. Masih harus ngerjain tugas dan belajar buat ETS hari terakhir, besok”. Namun entah, tiba-tiba ada dorongan tersendiri. “Masih ada waktu 1 jam, insyaAllah bisa.” Katanya, jangan berputus asa jika menghadapi kesulitan. Karena setiap tetes air hujan yang jernih berasal dari awan yang gelap. Yap, bismillah, aku berani melawan tugas yang analisisnya belum kelar-kelar, aku hentikan sejenak belajarku, dan lihat, aku tersenyum sendiri di depan laptop ketika menyadari dengan lihainya jemari ini menari di atas keyboard. “semua ini karenaMu, Tuhan”, batinku.

Mimpi? siapa yang tak punya mimpi? seorang balita pun pasti punya mimpi tentang kehidupan masa depannya. Karena seperti Pak Anies bilang, “You are the owner of your future.”. jadi ketika kita menuliskan mimpi kita, sebenarnya kita sedang melukis masa depan kita. Apakah masa depan gumilang yang akan kita miliki? ataukah biasa saja? Atau bahkan suram, sesuram mendung ketika akan turun hujan? Ya, itu semua pilihan. Tinggal bagaimana niat dan usaha kita dalam merealisasikan mimpi-mimpi kita. Karena sukses tak akan datang bagi mereka yang hanya menunggu tak berbuat apa-apa. Tapi sukses akan datang bagi mereka yang selalu berusaha mewujudkan mimpinya.

InsyaAllah belum terlambat untuk merajut asa dan merangkai mimpi 1435 H. Ya, karena 1435 H insyaAllah milik setiap jiwa yang tak pernah bosan untuk belajar membangun (minimal) dirinya untuk menjadi insan kamil yang selalu berusaha untuk memperbaiki dirinya di setiap pergantian waktu. Dan insyaAllah inilah mimpiku di 1435 H.

Menuntaskan novel Sang Pemusar Gelombang dan RP 1 berikut reviewnya akhir muharram.


   Mengerjakan proyek simfoni karya FIM 15 (inilahyangkubaca.com;nulis buku kisah inspiratif bertemakan 7 karakter FIM,ceritakunang-kunang.tumbr.com) mulai muharram ini.

o   Membalas buku Kak Vita dan Kak Wahyu dengan bukuku akhir muharram ini.

o   Membelikan kado buat ponakan baru pertengahan safar.

o   Alquran hafalan dan Mukena baru maksimal akhir safar.

o   Kamera DSLR dan laptop baru dari uang sendiri.

o   Pendakian ke Mahameru bersama Anggit dan Sasmi.

o   Pendakian ke Lawu.

o   KP bersama Eva Ummi di PERTAMINA/BUMN/PGN biaya sendiri.

o   Sholat tepat waktu.

o   Istiqomah Tahajud dan Dhuha.

o   Istiqomah Puasa sunnah.

o   One Day One Juz and One Day One Ayat, karena energi dalam berjuang akan kita dapat ketika hubungan kita dengan Allah lancar. Dan salah satunya adalah dengan menjaga tilawah alquran an hafalan.

o   Menyempurnakan hafalan juz 30 maksimal rabiul awal.

o   Menghafalkan juz 29

o   Mengkhatamkan Alquran minimal 4 kali dalam tahun 1435 H.

o   Membina dan terbina, karena sejatinya hidup adalah untuk belajar. Dan kepuasan tersendiri ketika sebagai seorang pembelajar, kita harus sekaligus sebagai seorang penebar, mewakafkan sejenak waktu, ilmu, dan ketrampilan kita untuk binaan ataupun yang membutuhkan sentuhan kita.

o   Kado buat ibu dan ayah Rabiul Awal.

o   PKMP didanai.

o   Menulis 2 PKM-GT dan didanai.

o   PIMNAS XXVII medali Emas.

o   IP semester 5 >3,5.

o   Semester Enam, Prestasi Kugenggam.

o   Persiapan TA.

o   Toefl>500.

o   Merintis FORSLIM Duwet sebagai langkah awal Duwet Madani 2023 bersama Widi Januraga.

o   Proposal Cinta akhir tahun1435 H.

o   Menulis dan menerbitkan minimal 1 Novel dan 1 Buku inspiratif.

o   Menerbitkan kumpulan cerpen yang sempet tertunda tahun lalu.

o   Posting karya di blog minimal seminggu 3 kali.

o   Update status taujih inspiratif (No Galau).

o   Ikut islamic journey lagi (kalau ada).

o   Bisa Fotografi.

o   Istiqomah sedekah.

o   Istiqomah mengajar cece, harus bisa membuatnya mencintai matematika.

o   Mewujudkan BPM Vacation bersama BPM KED.

o   Mewujudkan mimpi litbang BPM (menganalisis data perkembangan mentoring ITS dan melaporkannya ke birokrasi).

o   Memperbaiki media LDJ, menjalankan semua prodak dan agendanya, sekaligus membina adek-adek staff dengan sentuhan ukhuwah lillah.

o   YLI (Young Leadership Indonesia).

o   Student Conference ke LN (utamanya: Jepang).

o   Ikut Program Hibah Bina Desa (sasaran: Desa Duwet).
     
     Produktif menulis :)

o   Muslimah sholih, tangguh, penuh cinta kasih, dan tawazun.

o   Dan tentunya, aku ingin berbuat lebih dari tahun kemarin, aku ingin selalu menebar kebermanfaat untuk sekitar. Karena sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain.

Sebenarnya masih banyak asa yang selalu menyelinap  untuk turut dilukiskan. Agar dilihat dan turut di doakan oleh malaikat langit, pun penjuru bumi. Namun segalanya selalu berbatas, termasuk waktu telah menunjukkan 23.48, yang telah memberikan kode bahwasanya deadline “JMC-Muharram  35” segera berakhir. Namun insyaAllah, mimpiku tak akan dibatasi oleh waktu. Ia akan berkembang seiring berjalannya waktu, bahkan bisa jai Allah akan menggantinya ketika itu tak sesuai dengan jalanku. Karena Allah-lah sebaik-baik penolong an pemberi hidayah.

Ya, Saat ini yang dibutuhkan hanya kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas, lapisan tekat yang seribu kali lebih kuat dari baja, hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya serta mulut yang akan terus berdoa. –5CM.

Because our dream today is the fact tommorow. Don’t be sad, you will see that one day everything is going to be just fine. Don’t give up. And try your best. Allah will always be with you.

Riskha Tri Oktaviani
Statistika 2011
085730220329


2 komentar: