- Minggu, 30 Desember 2012

UAS in front of my eyes...


akhir semester....UAS/EAS nih...

ni ada tips belajar efektif yang mestinya di terapkan sejak awal, bukan mendekati UAS/EAS. karena sejatinya yang continued dan istiqomah itu lebih baik. :)

Belajar efektif, merupakan cara belajar yang dapat dengan cepat dan tepat membuat kita paham dan mengerti terhadap materi yang sedang kita pelajari. Berikut ini beberapa tips untuk belajar secara efektif :

1. Pilih Waktu Belajar yang Tepat
Pilihlah waktu yang tepat untuk belajar yaitu disaat pikiran kita sedang masih fresh, sehingga materi yang kita pelajari dapat dengan mudah diserap. waktu yang baik seperti pagi hari ketika pikiran kita belum terisi banyak pikiran lain.

2. Bangun Suasana Belajar yang Nyaman
Suasana lingkungan kita belajar juga sangatlah penting agar dapat membantu otak kita menyerap lebih baik dan lebih cepat. Maka pilihlah suasana yang nyaman, hening, tapi rileks.

3. Kembangkan Materi yang sudah dipelajari
Ketika sudah merasa paham akan suatu pelajaran, kita jangan dulu puas. Sebaiknya kita kembangkan materi tersebut dengan memulai memberi pertanyaan pada diri kita sendiri tentang materi yang sudah dipelajari itu, lalu diskusikan dengan teman, guru, atau cari sendiri di internet. Hal ini juga berguna untuk melatih kita berpikir kritis.

4. Mencatat Pokok-pokok pelajaran
Catatlah pokok-pokok pelajaran pada tiap-tiap materi, hal ini akan memudahkan kita untuk memahami materi pada saat kita belajar kembali mengenai materi tersebut.

5. Membaca adalah Kuncinya, jadi perbanyaklah bacaannya
Tidak bisa dipungkiri lagi hal utama ketika kita belajar adalah MEMBACA, karena memang itu jalan kita untuk bisa memahami suatu materi. Sehingga semakin banyak membaca dan bahan bacaannya, akan semakin mudah bagi kita untuk cepat paham.

6. Belajar itu Memahami bukan sekedar Menghafal
Ini yang sering dilupakan, terutama oleh siswa-siswa di sekolahan. Belajar itu bukan hanya sekedar menghafal, tetapi kita juga harus paham akan materi yang kita pelajari. Akan sangat percuma jika kita hafal materinya, akan tetapi kita tidak benar-benar paham akan materi yang kita pelajari.

7. Hafalkan Kata-Kata Kunci di setiap pokok bahasan
Ini mungkin dapat dikatakan sebagai trik. Dengan menghafal setiap kata kunci pada masing-masing pokok bahasan, ini akan mempermudah kita untuk mengingat kembali apabila ada pertanyaan yang menyangkut materi tersebut.

8. Latih sendiri kemampuan kita, dengan latihan soal sendiri
Melatih sendiri kemampuan kia sendiri memang sulit, lebih mudah apabila ada orang lain yang membantu kita berlatih sudah sejauh mana kemampuan kita sebenarnya. Akan tetapi kita sendiri bisa berlatih sendiri, dengan cara mengisi soal sesuai materi yang kita pelajari, tanpa mencari jawabannya di buku, barulah setelah selesai semua dikerjakan, kita periksa hasil kemampuan kita tersebut.

9. Sediakan Waktu untuk istirahat yang cukup (penting!)
Sering-sering belajar memang bagus, akan tetapi apabila terlalu sering juga menimbulkan dampak negatif bagi kondisi pikiran dan tubuh. Oleh karena itu kita juga harus mendapat istirahat yang cukup agar tubuh dan pikiran kita tidak terus-terusan dikuras, gara-gara kita belajar.

Sumber:
 http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2324128-tips-cara-belajar-efektif/#ixzz2GXxPgxrq

Tidak ada komentar:

Posting Komentar